Tuesday 12 January 2016

Cara Membuat Sovenir Dari Bahan Resin

Cara membuat kerajinan dari resin


Halo kembali dengan saya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara membuat kerajinan dari bahan resin. Banyak sekali hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah nilai jual produk, misalnya dengan membuat atau mempercantik dengan kerajinan resin yang nantinya akan menjadi fiberglass. jika kita bersungguh-sungguh ingin memperdalamnya hasilnya pun cukup lumayan, karena banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dengan bahan resin, dan tentunya pada hal ini benar-benar menyenangkan. Yang paling penting menyukai kegiatan tersebut dahulu, barulah ide-ide yang cemerlang itu akan muncul dengan sendirinya.

kerajianan tanagn dari bahan resinPeluang usaha yang diperoleh dari bahan resin atau fiberglass pun masih sangat banyak dan cukup luas, asalkan dari diri kamu mau berinovasi dan berexperimen dalam bentuk model dan warna. dengan modal yang kecil pun usaha ini akan dapat berjalan, tentunya sangat banyak juga yang meliriknya untuk usaha tersebut. inilah salah satu alasan yang cukup kuat dan kenapa kita tidak coba untuk memperdalamnya.

Resin merupakan bahan kimia, untuk membentuknya menjadi sebuah karya unik fiberglass diperlukan bahan-bahan lain seperti katalis, silicon rubber dan talk. yang disebut juga bahan-bahan dasar pembentuk fiberglass yang akan menjadi karya unik, hasil akhirnya dapat menambah nilai jual produk. sehingga kamu bisa menjualnya dipasaran ataupun dikalangan pecinta kerajinan atau sovenir dalam berbagai bentuk.

kerajinan tanagn

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan



1. Resin bening.
      Jenis ini berfungsi untuk membentuk model berwarna bening atau transfaran seperti kaca, berbentuk cair dan berwarna bening.

2. Resin keruh.
     Jenis ini bisa dicampur dengan warna-warna lain yang kamu inginkan, tetapi warna dasar yaitu warna abu-abu sebelum diberikan warna lain. Harganya lebih murah dibandingkan dengan resin bening.

3. Katalis
     Jenis bahan kimia ini adalah salah satu bahan untuk mempercepat proses pengeringan supaya sesuatu yang kamu bentuk lebih cepat kering untuk menghindari perubahan bentuk yang kita inginkan pada proses pembuatan.

4. Silicon rubber
    Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat suatu cetakan model apa saja yang kamu inginkan, misalnya untuk model-model yang berbentuk 3D, patung, act figure, dll. silicon ini memiliki wujud cairan kental berwarna putih dan jika bahan tesebut dicampur dengan katalis maka akan menjadi keras namun elastis. Jika kamu cari di toko-toko kimia biasanya sudah di sajikan satu paket yaitu katalis silicon rubber.

6. Talk
    Bahan jenis ini biasanya digunakan untuk membuat campuran pada resin keruh, sehingga bahan akan menjadi lebih banyak dan pastinya akan menghemat biaya produksi.

7. Vaseline
    Bahan jenis ini biasa digunakan untuk mengoles atau membaluri cetakan agar tidak lengket saat proses pembentukan, seperti mengoleskan mentega pada cetakan kue sebelum adonan kue dituangkan kedalam cetakan. Sehingga pada waktu adonan mengeras jadi lebih mudah untuk dilepaskan dari cetakan.

8. Bubuk Gypsum
    Bahan jenis ini mungkin sudah banyak yang sudah mengenal, tetapi fungsinya disini digunakan untuk membuat alas atau matras karena sifatnya yang keras, sehingga cetakan akan menjadi solid dan tidak mudah goyah, hal ini untuk mengantisipasi agar adonan kokoh pada saat pengeringan dan tidak berubah bentuk.

9. Air
    Sediakan air secukupnya untung proses pencampuran bubuk Gypsum



10. Cat dasar (putih)
      Cat dasar bisa disebut juga epoxy, digunakan untuk kesempurnaan pada saat finishing. Dengan kata lain sebelum memberi warna lain pada model, warna putih digunakan sebagai warna dasar pada model sebelum ditimpakan warna lain, sehingga akan menghasilkan karya yang lebih sempurna.

12. Cat clear atau vernis
      Cat jenis ini digunakan untuk lebih mempercantik hasil pada karya yang dibuat, sehingga terlihat mengkilap dan mewah, tentunya memiliki harga jual yang lumayan.

Alat - Alat yang Digunakan untuk pembuatan kerajinan

1. Kuas kecil.
2. Cetakan agar atau cetakan yang sudah kamu siapkan.
3. Gelas air mineral atau sejenisnya untuk mencampurkan adonan.
4. Sendok makan
5. Sumpit atau lidi untuk mengaduk.
6. Sarung tangan karet
7. Masker
8. Gunting
9. Karton
10. Spidol atau marker
11. Selotip atau lakban
12. Lem tembak
13. Amplas
14. Kikir

Nah itulah yang harus kamu ketahui dan pesriapkan untuk membuat suatu karya yang kamu inginkan, untuk pembuatannya kamu bisa kreasikan sendiri sesuai apa yang kamu inginkan supaya hasil pekerjaannya bagus dan memiliki nilai jual. Terima kasih sudah berkunjung.

Tag: Kerajinan tangan

No comments:

Post a Comment