Tuesday 26 January 2016

Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh

Daun belimbing wuluh

Belimbing wuluh biasa dikenal oleh sebagian masyarakat dengan nama belimbing sayur, merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah maluku. Belimbing wuluh banyak tumbuh di seluruh indonesia dan di negara-negara asia tenggara. Belimbing wuluh memiliki bentuk bulat dan lonjong dan juga memiliki rasa yang sangat masam, Buah belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai campuran racikan obat tradisional atau campuran bumbu masak sebagai perasa asam seperti sayur asan dan lainnya.

Kandungan zat dalam buah belimbing wuluh 

Ternyata kandungan zat dalam buah belimbing wuluh sangat banyak yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh diantaranya, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B1, zat besi, potasium, fosfor, serat, soppanin, tannin, glukosida, kalsium, mineral. Ternyata buah belimbing wuluh yang memiliki rasa sangat asam itu adalah kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, seperti halnya strauberry yang kaya akan Vitamin C dan juga memiliki rasa yang sangat asam.

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan

Banyak sekali manfaat dari buah belimbing wuluh bagi kesehatan baik dari buah, daun, buang atau kulit batangnya. Berikut ini adalah penjelasan beberapa manfaat dari tumbuhan belimbing wuluh bagi kesehatan. Buah tersebut dipercaya untuk mengobati penyakit diabetes, kandungan di dalam buah belimbing wuluh efektif untuk merangsang produktifitas insulin sehingga sangat baik di konsumsi bagi penderita diabetes. Cara mengkonsumsinya atau mengolahnya adalah sediakan 6 buah belimbing wuluh lalu bersihkan buahnya. potong menjadi beberapa bagian dan rebus dengan 2 gelas air, rebuslah hingga air tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin dua kali sehari.

Adapun manfaat lainnya adalah untuk mengobati batuk, buah belimbing wuluh sangat efektif untuk mengobati batuk berdahak ataupun batuk kering karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Cara mengolahnya adalah rebus buah atau daun dari belimbing wuluh secukupnya selama lebih kurang 30 menit, tunggu sampai air menjadi setengahnya setelah itu angkat dan dinginkan rebusan tersebut. Air rebusan tersebut di minum secara rutin tiga kali sehari sampai batuk yang diderita mereda. Jika memang tidak manjur setelah beberapa hari meminum air rebusan tersebut segeralah hubungi dokter karena bisa jadi itu bukan batuk biasa yang sering di derita oleh sebagian besar orang.

Manfaat lainnya yang di timbulkan oleh belimbing wuluh adalah untuk mengobati penyakit gondokan. Jika kamu menemukan atau mengalami penyakit gondokan kamu bisa menggunakan ranting dari belimbing wuluh yang masih muda. Tumbuklah ranting belimbing wuluh bersamaan dengan bawang merah sampai menyatu dan halus, setelah itu hasil dari tumbukan tersebut dioleskan secara merata pada bagian yang sakit atau gondokan, oleskanlah secara rutin pagi siang dan malam dua sampai tiga hari gondokan tersebut akan kempes dengan sendirinya.

Penderita hipertensi juga bisa mengkonsumsi buah belimbing wuluh untuk pengobatan, manfaat yang di timbulkan bagi penderita hipertensi yang mengkonsumsi buah belimbing wuluh sangatlah dianjurkan. Karena belimbing wuluh sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu buah belimbing wuluh juga bisa mengobati sariawan, dengan kaya vitamin C  buah belimbing wuluh bisa menumpas sariawan di mulut. Sekian dulu artikel tentang manfaat belimbing wuluh kali ini semoga bermanfaat bagi semuanya dan terima kasih atas kunjungannya.

Tag: Manfaat Belimbing Wuluh



No comments:

Post a Comment