Wednesday 6 January 2016

Pengertian hujan dan proses terjadinya hujan

Pengerrtian hujan dan proses terjadinya hujan



Pengertian hujan


Hujan dapat diartikan dengan peristiwa jatuhnya butiran-butiaran air ke bumi yang mana butiran air tersebuat akan meresap ke dalam tanah ataupun mengenangi suatu wilayah yang lebih rendah.
Pengertian hujan yang lainnya adalah sebuah peristiwa jatuhnya cairan yang berasal dari awan dibawah atmosfir yang berwujud cair ataupun beku ke permukaan bumi berwujud cairan maupun beku juga. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal sehingga awan yang mengandung butiran air dapat menemui titik suhu leleh es sehingga butiran air tersebut akan jatuh ke bumi.

Hujan adalah proses perubahan wujud dari benda ke wujud yang lebih padat. Uap air di bawah atmosfer akan menjadi butiran-butiran sehingga butiran air tersebut akan menjadi lebih berat dan pada akhirnya akan jatuh ke bumi. Perbedaan intensitas udara dapat mempengaruhi lebat atau ringannya intensitas hujan.

proses terjadinya hujan secara ilmiah


Proses terjadinya hujan


Proses terjadinya hujan tidak luput dari bantuan sinar matahari yang membuat air di lautan, danau, sungai ataupun yang lainnya akan mengalami proses evaporasi atau penguapan sehingga butiran-butiran air akan menguap dan membentuk sebuah awan dan awan akan terbawa oleh angin dikarenakan berbedaan intensitas udara dari satu tempat ke tempat yang lain. Selama prosesnya awan akan menampung butiran air sampai menemui titik leleh es dan disitulah proses terjadinya hujan. Hujan juga bisa berbagai macam salah satunya adalah hujan es atau hujan salju tergantung intensitas udara di suatu tempat yang akan menentukan apakah cair, es ataupun salju.

Nah itulah sedikit tentang penjelasan pengertian hujan dan proses terjadinya hujan yang bisa saya jelaskan. Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Segala ilmu pengetahan harus disebarkan supaya tidak mentok di satu orang, karena pada dasarnya menyebarkan ilmu sekalipun sedikit akan berbuah pahala yang besar. Saran penulis jika ingin men copy-paste harap cantumkan link penulisnya. Terima kasih atas kunjungannya. Jika kamu memiliki kritik dan saran silahkan isikan di formulir komentar dengan harapan saya bisa lebih membangun artikel-artikel yang informatif dan bermanfaat.

Tag: Pengertian Hujan

No comments:

Post a Comment